Hotline. +6285-259-353-001
Jl. letkol Istiqlah No. 80-84, Banyuwangi
Jam kerja
Senin - Sabtu. 06.00 - 21.00 WIB

Gusi Berdarah Saat Hamil

Gusi berdarah saat Hamil? Jangan Panik,Beberapa hari ini ada beberapa pasien yang bertanya ke admin https://www.facebook.com/yasmin.hospital Tentang Gusi Yang berdarah saat hamil, Berikut akan kami bahas beberapa tips tentang Gusi berdarah (gingivitis) saat hamil.Gusi berdarah saat hamil terjadi karena peningkatan hormone progesterone yang menyebabkan gusi ibu rentan terhadap bakteri pada plak gigi. Perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh pada ibu hamil akan menyebabkan jaringan di sekitarnya melunak sehingga gusi mudah berdarah saat menyikat gigi, makan atau bahkan saat bicara.

Gusi berdarah ini nantinya akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun demikian, bukan berarti bisa kita abaikan lho, ibu! Kita harus tetap menjaga kesehatan rongga mulut agar bakteri tidak menyebar dan berpengaruh ke janin. Karena menurut beberapa penelitian, ibu hamil dengan penyakit gusi yang kronis memiliki resiko lebih besar bayinya lahir prematur. Tips-tips berikut mungkin berguna untuk mengurangi gusi berdarah dikala hamil:

  •      Rajin menyikat gigi dengan sikat yang lembut

Minimal kita harus menyikat gigi 2 kali sehari, agar gusi tidak semakin luka pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Sikat secara perlahan tapi pasti hehehe.

  •      Berkumur dengan mouthwash

Agar lebih bersih dan terasa segar lanjutkan dengan berkumur menggunakan mouthwash setelah sikat gigi. Pilih yang non alcohol ya……

  •     Berkumur dengan air garam

Yang ini mungkin terdengar seperti resep nenek moyang, tapi dokter juga menyarankan lho. Garam bisa menjadi agen antibakteri yang alami. Tambahkan sesendok garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

  •     Kurangi makanan manis manis

Makanan manis yang banyak mengandung gula paling mengundang bakteri plak gigi, apalagi kalau kita nggak bersih sikat giginya.

  •     Perbanyak konsumsi kalsium dan vitamin C

Banyak-banyak makan buah dan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C, karena kebutuhan kita banyak saat hamil, selain untuk ibu juga untuk janin. Apabila hendak mengkonsumsi yang berupa suplemen (CDR, Redoxon, Protecal, dll) konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan ya agar tahu berapa dosis yang aman.

Nah jadi tak perlu panik lagi ya, ibu kalau mengalami gusi berdarah. Semoga tips-tips di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi ibu semua 🙂