SPIRITUAL DAN KESEHATAN

                Sejak tahun 1984 wordl healt oraganisation (WHO) telah menjadikan aspek spiritual sebagai salah satu pilar kesehatan. Sebelumnya WHO menetapkan tiga pilar kesehatan yaitu aspek biologis, psikologis, dan social yang disingkat dengan biopsikososial. Dengan dimasukkannya aspek spiritual sebagai salah satu pilar kesehatan maka kini yang dianut adalah biopsikososiospiriutal. Sehingga seseorang dikatakan sehat bila 4 pilar tersebut dalam keaadaan baik dalam dirinya.

            Spiritual adalah hal yang berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan (rohani, batin) dalam arti yang luas. kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia, makhluk lain, dan alam sekitar berdasarkan keyakinan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Dari definisi ini Spiritual terkait erat dengan suatu keyakinan atau suatu agama.

            Mengapa spiritual menjadi penting bagi kesehatan? Apa pengaruh spiritual terhadap kesehatan? Ini adalah beberapa pertanyaan yang menarik untuk ketahui jawabannya

 Pusat koordinasi seluruh aktifitas biologis manusia berada di otak. Otaklah yang mngatur berapa jumlah denyut jantung, frekwensi nafas, suhu tubuh yang di butuhkan oleh tubuh agar tercipta keseimbangan secara biologis. Otak juga yang mengatur komunikasi antar hormone yang ada didalam tubuh kita. Peran otak sedemikian fundamental dalam tubuh sehingga otak adalah organ paling vital.

Otak dipengaruhi oleh faktor psikologis. Psikologis yang terganggu atau tidak stabil akan mengganggu kerja otak. Sebagai contoh pada seseorang yang sedang marah,walaupun dalam keaadaan istirahat denyut jantung akan meningkat cepat, demikian juga frekwesi nafas dan lain-lain. Normalnya peningkatan hal-hal terebut terrjadi akibat peningkatan kebutuhan oksigen di jaringan misalnya pada seseorang yang sedang melakukan latihan, seperti berlari olahraga dan sebagainya. Begitulah aspek psikologis dapat mempengaruhi fisik atau asapek biologis.

Psikologis seseorang tidak akan tenang kecuali ia memiliki keaadaan spiritual yang baik. Keaadan spiritual tidak akan baik kecuali seseorang berusaha membebaskan dirinya dari keraguan dan menjalankan apa yang ia yakini sebagai sebuah kebenaran. ketika seseorang mengabaikan apa yang ia yakini benar maka hal itu akan membuat jiwanya tidak tenang, resah dan merasa beralah.

Aspek fundamental dalam spiritual adalah kejujuran. Jujur kepada Allah subhanahu wataaala yang telah menciptakan manusia, kehidupan, dan alam semesta. Jujur kepada diri sendiri dan jujur kepada manusia. hanya dengan kejujuran jiwa itu akan menjadi tenang. Hanya dengan berserah diri kepada yang maha esa, maha adil, maha pengasih lagi penyayang, dan maha kuasa hati akan dapat menerima segala cobaan.

Biopsikospritual 4 pilar kesehatan manuasia yang satu sama lain saling berkaitan erat dan saling mempengaruhi .tiap-tiap pilar mesti mendapat perhatian yang cukup sehingga upaya untuk mendapat kesehatan yang baik dapat terlaksana dengan benar.

 

by. dr. Adyka Agung Thamara